Minggu, 21 Februari 2016

Makan Tuh Cinta!

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh :)

Postingan kali ini didedikasikan untuk meramaikan postingan dengan tema makanan di bulan Februari. Jadi, ini sebenernya ide si Yoga yang pengen mengganti postingan dengan tema cinta-cintaan yang biasanya banyak muncul di pertengahan Februari menjadi bertema makanan. Iya, seharusnya sih postingan tema makanan ini ramainya di pertengahan bulan Februari, tapi saya baru bisa bikin sekarang, huehehe.

Well, kalian semua udah pada pernah mampir ke blognya YogaAkbar Sholihin, kan? Nah, saya bingung sama si Yoga ini. Sebenernya dia punya hubungan apa sih sama Wayan Mirna Salihin? Entahlah. Tapi Yoga pernah bawa-bawa sianida waktu komen di blog saya. Hmmm.


Oke, kembali ke topik makanan. Seporsi makanan akan bisa terhidangkan apabila telah dilakukan pengolahan dari bahan mentah terlebih dahulu. Baik hasil akhirnya berbentuk setengah matang, matang, atau tetap dalam bentuk segar, proses pengolahan yang telah dilakukan itu disebut dengan memasak.

Ngomong-ngomong soal memasak, bukankah selama ini kita sering didoktrin bahwa seorang wanita itu harus bisa memasak? Hal ini kelak akan berhubungan dengan peran yang akan dijalani oleh seorang wanita di masa depannya, yaitu menjadi seorang istri dan Ibu, sehingga seorang wanita diharapkan dapat menyiapkan makanan bagi suami dan anak-anaknya kelak.

Sebagai seorang wanita, saya tidak merasa berkeberatan dengan doktrin tersebut. Bukankah itu tujuannya juga baik? Tetapi, ada sebuah kalimat dari Ayah Pidi Baiq yang menarik untuk direnungkan.

“Mengapa istri harus bisa masak? Padahal itu rumah tangga bukan rumah makan?” (Pidi Baiq)

Nah, kalau dipikirkan, ini kalimat sakti dari Ayah Pidi ada benernya juga. Iya, saya setuju sama kalimat di atas. Mengapa seorang istri harus bisa masak? Padahal, yang akan dijalaninya nanti adalah mengelola rumah tangga, bukan rumah makan. Menurut saya, ada hal yang lebih krusial lagi untuk dikuasai oleh seorang istri (dalam hal ini terkait makanan) daripada sekedar memasak. Yaitu memastikan apa yang dikonsumsi oleh keluarganya adalah segala hal yang halal lagi baik. Bukankah sangat krusial bagi seorang istri untuk memastikan bahwa sumber pendapatan untuk belanja bahan makanan adalah uang yang didapatkan dengan cara halal, kemudian membelanjakan uang tersebut kepada bahan yang sudah pasti halal serta baik, lalu memastikan bahwa proses pengolahan makanan yang dilakukan sudah benar, sehingga bukan hanya menyajikan makanan yang enak, tapi juga sehat dan menyehatkan?

Dan yang lebih penting lagi. Bahwa hal-hal yang saya sebutkan di atas sepertinya bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang istri, tetapi juga suami. Bukankah ada suatu saat dimana seorang istri akan berhalangan melakukan hal-hal tersebut, misalnya sedang sakit, dan sebagainya?

Eh, bentar-bentar.
Ini saya nulis apaan, sih, dari tadi. Serius amat rasanya, wkwk.

Oke, karena saya masih belum siap untuk serius sama kamu, maka mari kita kembali ke topik utama, huehehehe.

Ngomongin makanan. Hmm, ngomongin makanan ini akan erat kaitannya sama berat badan. Dan berat badan, adalah hal yang sensitif untuk dibicarakan di kalangan kaum hawa. Nah, untuk kamu, kaum hawa yang suka galau sama berat badan, harap ketahui bahwa selain pola makan dan gaya hidup, ada peran genetik juga yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Jadi, kalau kamu yakin bahwa asupan makanan kamu sudah baik dan gaya hidupmu juga sudah aktif, tetapi kamu masih bermasalah sama berat badan, maka sadarilah bahwa itu adalah kehendak Sang Pencipta. Tetapi, sebagai ciptaan yang baik, kita juga harus terus berusaha untuk memiliki berat badan yang ideal.

Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi resep DIY –do it yourself yang sudah lolos uji dari dapur saya, hehe. Insya Allah ini bisa dijadikan sebagai pengganti cemilan berkalori tinggi bagi kamu yang suka ngemil tapi pengen punya berat badan ideal. Here it goes!

1. Fruit Fondue

Pertama, kita mulai dari yang paling mudah dibuat. Fruit fondue. Caranya amat sangat mudah. Cuci dan kemudian potong-potong buah yang kamu suka. Bisa menggunakan semangka, strawberi, nangka, atau apapun yang kamu suka. Potongan buah tersebut kemudian ditusukkan ke tusukan sate, masukkan ke dalam kulkas. Kemudian bikin saus coklatnya dengan melelehkan dark chocolate batangan, lalu hancurkan beberapa potong semangka atau strawberi ke dalam coklat tersebut. Sajikan bersama potongan buah tadi.
Ps: jangan lupa, pakai dark chocolate kalau memang mau rendah kalori.


2. Frozen Banana

Kupas beberapa potong pisang, tusukkan menggunakan stik es krim. Bekukan di dalam freezer. Siapkan kacang tanah yang telah disangrai kemudian dicincang kasar. Siapkan dark chocolate yang sudah dilelehkan. Keluarkan pisang yang telah beku dari kulkas, celupkan ke dalam coklat leleh, kemudian ditaburi kacang tanah tadi. Tunggu hingga coklat mengering. Siap disantap!

Ps: Nilai kalori pada kacang tanah sebenarnya cukup tinggi, jadi kamu bisa memilih untuk tetap pakai atau di-skip saja. Tapi kalau pakai kacang tanah itu jadi enak banget, sih. Menurut anak-anak tetangga dan keponakan yang saya jadiin percobaan buat nyicipin ini, mereka pada nanyain gini: “Kak, ini es krim magnum, ya?” Hehe.


3. Watermelon and Pineapple Smoothies

Ini juga mudah kok. Semangka dipotong kemudian diblender. Masukkan ke dalam gelas (isi sebagian saja). Kemudian nanas dipotong dan diblender. Masukkan juga ke dalam gelas yang tadi hingga penuh. Sajikan.

Ps: Ini beneran murni buah, jangan ditambahin gula lagi, karena pada dasarnya buah sendiri sudah mengandung gula.


4. Watermelon splash Pineapple Ice Pops

Caranya hampir sama dengan yang bikin smoothies tadi, hanya saja ini prosesnya dilanjutkan dengan dibekukan menggunakan stik dan cetakan es krim.
Ps: Masih tanpa gula, ya.


5. Watermelon mix Fruits – Ice Cream Sandwich

Semangka dan buah-buahan lain yang kamu sukai dipotong-potong kemudian diblender. Tambahkan whip cream ke dalam adonan tersebut. Aduk rata. Bekukan dalam freezer. Setelah membeku, sajikan menggunakan roti.
Ps: Pilihlah whip cream  non dairy supaya kalorinya tidak terlalu tinggi.


6. Baked Banana – Srikaya

Mirip seperti cara membuat pisang goreng srikaya, tetapi kali ini pisangnya dibakar atau dipanggang tanpa minyak, bukan digoreng.
Ps: Sudah pernah ngecek nilai kalori pada minyak sawit? Coba deh, cek dulu :p


7. Watermelon Cake

Bukan, ini bukan kue tart ulang tahun. Di balik whip cream itu ada sepotong semangka yang dibentuk sedemikian rupa.

Jadi, untuk membuat kue semangka ini kita sama sekali tidak perlu oven, tetapi memerlukan pisau yang tajam. Kupas semangka dan dibentuk jadi seperti bentuk kue yang kamu inginkan. Kemudian potong-potong buah lain dan lelehkan dark chocolate yang akan digunakan sebagai garnish. Lapisi semangka dengan whip cream hingga rata. Hiasi dengan bahan penghias yang sudah disiapkan. Masukkan ke dalam kulkas. Sajikan selagi dingin.
Ps: Walaupun cake ini rendah kalori, tapi jangan sampai kebablasan juga ya makannya :)



Akhir kata, sekian dahulu resep dari saya. Selamat makan!

46 komentar:

  1. Judulnya, Dar. Bikin penasaran :D Makan tuh cinta yang bikin berat badan turun sampe kayak pasien anoreksia. Huhuhuhu.

    Quotenya Pidi Baiq kocak juga ya. Oh iya, ini resepnya aku skrinsut satu-satu boleh ya, Dar. Namanya mewah dan Alhamdulillah buatnya sederhana. Frozen banana-nya bikin ngiler. Dara istri-able banget deh. Huehehehe.

    Oh iya (lagi), ini kan cemilan buat yang takut gemuk. Kalau misalnya buat orang yang ngemil karena pengen gendut, dark chocolate-nya diganti pake apa baiknya? Aku pengen gendut, Dar T___T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu gak anoreksia, kan, Cha? :D

      Sip. Skrinsyut aja, Cha. Mumpung tanggal 9 nanti gerhana *ini apa dah*.

      Kalau pengen gendutan, dark chocolate nya diganti sama yang milk chocolate, Cha. Jadi dia ada kandungan lemak dan gulanya. Cocok banget itu buatmu. Trus buahnya kalau bisa sih pakai alpukat, soalnya kandungan lemak nabati alpukat lumayan tinggi.
      Ntar kalau mau konsul-konsul masalah ginian, langsung chat ke line aja, Cha :))

      Hapus
  2. Kampret, judulnya....
    gur kirain bakalan ada postingan cerpen atau apa gitu, kan masih di alam bulan kasih saying :p
    eh ternyata, malah bikin laper

    Watermelon splash Pineapple Ice Pops, kayak pernah makan di sd dulu wkwkwkw harganya seribu rupiah setiap tusuknya..... gue bawa pulang, kakak perempuan gue marah, seribu rupiah buat 1 tusuk, kenapa nggak beli bahannya aja bias bikin banyak wkwkwkwkw

    tapi kalau yang diatas keras kayaknya, punya gue dulu lunak..
    soalnya dari ager-ager nutrisari wkwkwk
    sengaja disalahin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulku salah apa, Hyus? -_-

      Wkwk ager-ager nutrisari. Jago banget lu ngubah brand dagang orang.
      Itu seribu rupiah mending transfer aja ke aku, Hyus. Lumayan buat beli stik es krim kalau mau buat ice pops lagi~

      Hapus
  3. Mengapa istri harus bisa masak ??
    Karena akan menyakitkan bila ada wanita lain yang masakin buat si Suami. :D
    Tapi sekarang, cowok juga banyak yang udah jago masak, kebanyakan chef di TV kan cowok. hahahaha

    Subhanallah, calon bu dokter ini jago masak juga ternyata, masakan dari cadok pasti udah teruji dah kadar kesehatannya, tapi itu namanya kek mahal dan mewah banget ya ??
    Aslinya mah pisang dibekuin, semangka dibekuin, roti tawar dikasih susu sama buah.
    Bahasa memahalkan segalanyaaaa~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, chef sekarang kebanyakan cowok. Keren itu cowok yang jago masak~

      Masya Allah. Aku gak jago masak, kok... u,u

      Iya, bahasa emang memahalkan segalanya :)

      Hapus
  4. Mengapa istri harus bisa memasak?
    Ini pertanyaan yg sulit
    Sulit karena saya belum pernah jadi istri orang
    Dan perlu diketahui juga
    Saya juga belum pernah memiliki istri orang
    Jadinya saya tidak tw kenapa istri harus bisa memasak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kirain Niki udah pernah jadi istri orang...
      Atau mungkin pernah memiliki istri orang...
      Aku kira kamu tahu kenapa istri harus bisa masak...

      Hapus
  5. Wkakaa iya ya, Mba Dara. Judulnya kayak di postingan aku. Hahaa
    Pas baca judulnya, kirain bakal bahas yang bikin baper, taunya malah bikin laper. Huahahaa

    Bener juga apa yg dibilang Ayah Pidi Baiq. Wkwkw

    Ciyaaah salut sama kamu, Mba. Pinter masak, calon ibu yang baik bagi anak-anak kelah. Hehee
    Istri-able banget deh.

    Sekilas tadi aku ngira frozen banana kayak magnum juga loh, hahaa
    ngileeer sumpah :'D
    Apalagi baked banana. Aaaaaaaaaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena baper dan laper itu saling taut-menaut, Lan haha.

      Pinter masak dari mana? -___-
      Istri-able? Dari mananya? -___-

      Yuk lah kesini, Lan. Ntar tak buatin frozen banana sama baked banana deh :)

      Hapus
  6. Subhanallah. bisa keleuss mbak, aku diajarin masak gitu. :')
    Cuma bisa masak yang pedes-pedes, makannya aku agak galak kali ya. Gak kaya mbak dara yang manis makannya masak nya yang manis-manis. :')
    btw, itu makanan nya menggoda semua. :9


    Kalo perihal masak sih pilihan katanyaa.
    “Mengapa istri harus bisa masak? Padahal itu rumah tangga bukan rumah makan?” (Pidi Baiq)
    Kalo Rumah tangga, istri harus bisa naik tangga gitu> terus benerin genteng? apa bikin tangga? gimana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, belajar masak bareng, Dib :)
      Aku juga suka sama yang pedes-pedes, kok. Kemaren nyobain bikin ayam geprek sendiri, entah level berapa yang kucobain. Sesukanya aja masukin cabe rawit banyak-banyak, haha.

      Nah itu. Aku juga masih belum tahu, Dib, istri itu sebenernya harus bisa ngapain. Masa iya benerin genteng sama bikin tangga :v

      Hapus
  7. Tapi kalo nanti istri gue gak bisa masak, gue kayaknya gak gemuk-gemuk. Cuma bisa masak nasi, telor, goreng-gorengan (nugget, sosis, etc), dan indomi. :(

    Kok gambarnya bikin pengin nyoba, ya? Terutama yang es krim semangka itu! Hahaha. :D

    Btw, link ini udah gue tambahin ke tulisan yang waktu itu yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makannya indomi terus bisa gemuk, kok, Yog. Perutnya yang menggemuk tapi, wkwk.

      Bikin dah, bikin!!!

      Siap grak, bos.

      Hapus
  8. Ntaps, Mba Dara.
    Resep makanannya mudah dicoba nih.

    Kapan-kapan bikin ah.
    Dijadikan usaha leh uga nih.

    Itu yang Frozen Banana di daerah Bogor ada yang jual deh.
    Harganya 500 perak per buahnya cuma nggak pakai taburan kacang.

    Ini makanannya dibuat satu satu dulu, ya?
    Baru deh dipajang di sini.
    Btw, masih ada sisanya nggak?
    Kirim kirim dong. hohohohohoho.

    Mba Dara bikin Watermelon Cake niat banget.
    Semangkanya dibentuk sedemikian rupa jadi mirip cake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, peluang usaha, nih, Dar. Kamu buka usaha beginian juga gih di sana.

      Ini sebenernya kumpulan foto di hp ku. Aku kalau masak jarang foto sebenernya. Nah ini kebetulan pas ada yang aku foto dan nganggur di hp, jadi tak pajangin disini.

      Mau dikirim kemana?
      Transfer dulu :p

      Hapus
  9. wew, gileh. Makanan yang lu liat diatas emang bikin gue ngiler.

    cewek yang jago masak emang calon istri idaman banget :') Jangan-jangan lu calon istri gue. *PLAAKKKKK!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan lu bukan calon suami gue, Lam :p

      Hapus
  10. Dara gue baca judulnya kirain lo bakalan curhat, gila nih seorang dara mau curhat tentang cinta, eh ternyata enggak juga.hhahahaha

    Bu itu semua DIY do it your self? Bu Dokter keren banget istri idaman banget ntaap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. EMANGNYA AKU GAK PERNAH CURHAT TENTANG CINTA YAK BANG JIS?

      Iya, bang. DIY semua ini alhamdulillah.
      Istri idaman dari mana -___-

      Hapus
  11. Emang kampret-kampret bu, tulisan si surayah mah :3

    tapi istri bisa masak juga kayaknya jadi sedekah buat keluarga deh ya. tapi perlakuan ke istri baiknya gak seperti asisten rumah tangga, kayak yang ada di film-film indosiar itu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan Surayah suka bikin mikir soalnya :D

      Jangan nonton film Indosiar, deh, bang. Naga nya suka terbang-terbang gitu.

      Hapus
    2. itu yang bikin keren, udah buka blognya dia ? baca deh, mantep-mantep postingannya bu dok \m/

      Hapus
    3. Udah follow lumayan lama, bang~

      Hapus
  12. Dara pinter masak toh ternyata, gue baru tau. Baca postingan ini bawaannya pengen makan cemilan, hadeh. :)

    BalasHapus
  13. ku kira bakal membahas cinta, eh ternyata.... malah bikin laper :(
    masak nya jajanan semua kah? kirain bakal ada masakan tumis2 gt :D

    frozen banana trnyata mudah bikin nya, hehe saya suka buah pisang dan suka coklat... jd nya pasti mantep tuh klo frozen banana mungkin benar rasa nya ky magnum, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baper yang bermutasi menjadi laper ini, bang :D
      Kebetulan di postingan ini yang cemilan semua huehehe.

      Nah iya, bang. Buruan deh dicobain frozen banana-nya. Bikinnya mudah kok :D

      Hapus
  14. Pas baca kalimatnya Om Pidi Baiq, kiran ada lanjutannya : Mengapa istri harus bisa masak? Padahal itu rumah tangga bukan rumah makan. harusnya istri itu bisa bikin tangga?

    Frozen banananyaaa uwuwuwuwuwuw :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu bang, aku gak tau. Harusnya istri itu bisa apa? :/

      Hapus
  15. wah, ilmu kulinernya mantep banget nih. anak perhotelan kah...
    yang ke 5 boleh banget tuh kayaknya gue praktekin. ice cream sandwich itu nagih sih biasanya yak, tergantung es krimny asesuai dengan selera kit aatau enggak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bukan anak per-hotel-an, tapi anak per-rumah-an :/

      Buruan dicobain, Jev :)

      Hapus
  16. waaak aku nggak nyangka kalau ini postingan soal makanan, kirain soal hubungan yoga sama mirna lho.

    Aduh enak enak banget itu. dan kayaknya mudah. Ini nih langsung aku bookmark postingan kamu nanti kalau libur pengen nyobain. Hahaa

    DIY –do it yourself aku baru tau kalau kepanjangan DIY itu ini. suwer deeh.

    Btw lagi. emang nantinya sebagai istri kita itu harus jadi super wife bukan microwife wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk, hubungan Yoga sama Mirna.

      Siap grak, super wife yang bukan micro wife!

      Hapus
    2. Kalau hubungan kamu sama yoga ? gimana ? *ehemm

      Hapus
    3. Hubungan aku sama Yoga? Hm... Kami sama-sama blogger. Wkwk

      Hapus
  17. Baked banana srikayanya keknya menggoda tu
    Haduuuww, tshan iman tahaaan, kikiki
    Kreatip juga tu tart isi semangkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicobain aja, Mbak Nit. Sekalian bikinin buat tamas :3

      Hapus
  18. Mau punya badan ideal Sis? coba produk kami "Rujak Bebek"
    Rujak bebek ini bisa membuat badan ideal, untuk yang gebuk bisa jadi lebih kurus dan yang kurus bisa jadi lebih gemuk. pokok'a badan Sista bisa jadi ideal.

    Buruan kunjungi website kami, mumpung ada promo "GRATIS LIAT, MAKAN BAYAR"

    #Makantuhrujakbebek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rujak bebek bisa delivery order ke Pontianak, gak?

      Hapus
  19. wah mantap nih ilmu kulinernya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hernia? Hernia inguinalis? Femoralis? Cephalis? Herniasi otak?

      Semoga lekas sehat kembali :')

      Hapus
  20. "Well, kalian semua udah pada pernah mampir ke blognya Yoga Akbar Sholihin, kan?" --> weits, pasti lah :D

    Doktrin wanita harus bisa masak emang terkesan kaku ya, padahal tujuannya baik, memastikan keluarga terpenuhi kebutuhan makannya. Well, setiap orang punya pandangan masing-masing sih. Kalo gua pribadi, ngelihat wanita bisa masak itu udah poin plus banget, cantiknya nambah :)

    Itu yang Frozen Banana sampe dikira es krim Magnum segala hehe, berarti sukses packaging dan rasanya. Yang Watermelon mix Fruits – Ice Cream Sandwich juga sedep banget tuh kelihatannya. Overall, semua cemilan di atas keliatan enak banget. Mantap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laki-laki kalau bisa masak juga poin plus banget, mas. Gagahnya nambah :)

      Dicobain bikin gih, mas. Simpel kok caranya~

      Hapus
  21. Serius bener bacanya, paragraf pertama tentang cowok yang mau kena sianidakan. Terus lanjut ke pertengahan paragraf agak miring dikit yang dibahas makan tangga, eh salah rumah tangga maksudnya. Masuk ke paragraf terakhir temanya ke resep makanan. Iki postingan maksudne opo to??? :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobe tanyakan maksudnye same Om Suroyo jak, bang :p

      Hapus