Kamis, 26 Februari 2015

Fakta Tentang Anak FK yang (Mungkin) Belum Kalian Ketahui

Pada posting-an kali ini, saya akan menguak beberapa fakta tentang mahasiswa kedokteran yang jarang diketahui oleh orang lain. Mungkin ada beberapa hal yang sudah kalian ketahui, tapi mungkin juga ada yang belum. Yuk, langsung kita umbar saja aib faktanya :)

1. Belajar Setengah Mati, Bukan untuk Diri Sendiri, Tapi untuk Kamu.

Kamu. Iya, kamu, calon pasien mereka.

Gambar dari Instagram
Mahasiswa FK dituntut untuk paham segala aspek mengenai manusia, mulai dari anatomi, fisiologi, biokimia, histologi, bahkan etika. Semua ilmu ini diperlukan agar kelak, ketika sudah menjadi seorang dokter, mereka bisa profesional. Dan semua ilmu ini harus dipelajari seumur hidup mereka, bukan hanya saat menempuh pendidikan saja. It’s a life-long learning!


2. Jago Memberikan Nasihat kepada Orang Lain. Bagaimana dengan Diri Sendiri?

Sejak masa pendidikan, mahasiswa FK sudah dilatih untuk memberikan edukasi kepada pasien. Mulai dari kegiatan KKD (Keterampilan Klinik Dasar), hingga berlatih di berbagai kegiatan baksos. Saat baksos, saya pernah memeriksa kadar kolestrol seorang Ibu-ibu. Nah, kebetulan hasil tes menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi banget. Saya pun mencoba memberikan edukasi kepada Ibu tersebut.

Saya: “Ibu… Ini kadar kolestrol (lemak darah) Ibu lumayan tinggi nih, Bu…”
Ibu itu: “Hah? Kok bisa?”
Saya: “Hm… Mungkin dari pola makan Ibu… Ibu suka makan goreng-gorengan atau yang sejenisnya gitu gak Bu?”
Ibu itu: “Kalau gorengan sih setiap hari, dek…”
Saya: “Nah, mungkin karena itu, Bu. Kalau bisa gorengannya dikurangi ya, Bu. Boleh sekali-kali, tapi jangan setiap hari…”
Ibu itu: “Oh gitu… Iya, dek. Terima kasih ya…”
Saya: “Iya, sama-sama, Bu. Semoga sehat selalu, ya.”

Realita: SEBAGIAN BESAR mahasiswa FK suka makan gorengan, apalagi yang gratisan.


3. Jago Gombal Menggunakan Istilah Medis

“Kamu itu hospes definitive aku, kemanapun kamu pergi, pasti akan kembali ke aku juga.”

Udah, ah. Contohnya satu aja, ya. Kalau mau lihat yang lebih banyak, buka aja akun twitter @DokterGombal :p #PromoTerselubung


4. Kalau Jomblo, Biasanya Ngenes
Bertaubatlah, wahai anak muda! :D

Iya, itu tangan yang menggenggam tangan temenku adalah tangan manekin. Untung bukan tangan cadaver!
Jomblo mah jomblo aja, Nung…

***

Udah dulu, ya. Kalau ada yang mau nambahin, monggo di kolom komentar. Saya mau lanjut belajar lagi :)

40 komentar:

  1. Hahaha ya namanya maasing-masing jurusan pasti ada keribetan dan kesulitan tersendiri lah. Semangat ya calon bu dokter. :3

    BalasHapus
  2. Wah jujur gue pingin masuk kedokteran tapi yaa gue juga takut kalau disuruh bedah bedah hahaha.... Sukses yaa jadi dokternya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Kenapa takut, Yu? Ngebedah-bedah itu seru banget, kok.

      Hapus
    2. Njirrrr seru gimana? Udah kayak malaikat izrail aja gue .. Mainin nyawa orang. Hahaha

      Hapus
    3. Gak mainin nyawa orang juga kali :')

      Hapus
  3. Nah berarti Dokter itu belom tentu sehat yak?? :o

    BalasHapus
  4. hemm begini yaa anak FK #nyimak
    tapi mulia banget karena belajar demi menyelamatkan jutaan nyawa manusia, salut deh bwt kamuu :)

    BalasHapus
  5. Cowo : "Kamu Perawat yah, jadi bisa dong rawat aku dan anak-anak kita nanti."
    Cewe Perawat : "Hah?"
    Cowo : "Iya, rawat aku dan calon anak kita nanti.... mau kan?"
    Cewe Perawat : "Maaf ada partus, tinggal dulu ya."
    Cowo : *nangis dipojokan sambil kejang-kejang

    Bagaimanapun kisah cintanya hasil survey, Perawat dan Bidan mayoritas dipersunting Polisi atau TNI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kan... tapi kan... aku calon dokter, Mas :(

      Hapus
  6. kasian yang jomblo, sini saya pegangin tangannya :)

    BalasHapus
  7. hahahha..... gak tau mo komen ap, gk bisa nahan tawa

    BalasHapus
  8. Gue cuman tau bahasa biologi "fraktura hepatica" yang artinya patah hati :|

    BalasHapus
  9. gua juga suka gorengan sih. berarti gua berbakat jadi anak FK. yess. hahaha

    tapi kalau udah jadi dokter jangan melayani yang kaya doang ya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang. Insya Allah bisa profesional. Mohon doanya, ya :)

      Hapus
  10. Hahaha, nyuruh jangan makan sendirinya malah sering. Sama kayak orang yang sering kasih solusi ke orang galau karena masalah kehidupan. Giliran dia sendiri yang galau. Nggak bisa menghadapi. Butuh solusi juga. :p

    BalasHapus
  11. oh anak FK kek gitu ya diam-diam pinter ngegombal :D
    sukses ya,semoga kelak menjadi dokter yang baik.

    BalasHapus
  12. haha atuhlah setiap jurusan juga pasti ada fakta yang unik, mungkin yg bersinggungan dan hampir sama itu jago gombal dan kalo jomblo ngenes haha.. tapi tapi ngeliat foto yg diatas gue ga bisa ngebayangin secara lanjut kalo gue ngebedah-bedah daging gitu, bisa pingsan ditempat dan kebawa mimpi gue yang ada... -_-

    BalasHapus
  13. Bahahah.. Kampreeet.. Itu tangan siapaaaa yang nggenggam? :P

    BalasHapus
  14. Yang pertama so sweet amat,
    haha belajar untuk saya (calon pasien) :3

    Kalau anak selain FK dapat gombalan dari anak FK bakal ngerti ga tuh istilah kedokterannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih ngerti deh. Eh tapi atuhlah, ga tau juga yak. Kan tiap orang beda-beda pemahamannya tentang setiap kata yang digunakan :D

      Hapus
  15. suka ngegombal, suka makan gorengan, ngenes, ketiganya udah aku penuhin, tapi yang ngeliat organ dalam tubuh manusia itu yang masih... .... *emang tak bise lah jadi dokter nih*

    BalasHapus
  16. kalau jomblo biasanya ngenes hahaha itu tangan boneka ya,yg buat garuk punggung '-'
    kunjungan pertama ke blog ini,salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga! Anyway, itu tangan manekin... Mana bisa buat garuk punggung :')

      Hapus
  17. Dara ye melanggar hak cipta..-_-

    BalasHapus
  18. Doyan baca ceritanya kak dara nih, pengen bisa nulis sejago kak dara juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doyan juga dapat komen dari Nora nih. Ini tulisannya biasa aja koook :)

      Hapus