Rabu, 03 Juni 2015

Ondine’s Curse: Sindroma Lupa Bernapas, Sebuah Mitos yang Menjadi Kenyataan

Dikisahkan, pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang putri duyung yang memiliki segala keindahan jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Dia, seseorang yang kekuatan magis dan keabadian merupakan kelebihan dirinya, bernama Ondine. Sama seperti golongan peri dan putri duyung lain, Ondine seringkali waspada terhadap lelaki dari golongan manusia. Sebab apabila seorang peri jatuh cinta dan memilih untuk hidup bersama manusia, maka mereka akan kehilangan keabadian dan kehidupan yang kekal.

Meskipun demikian, Ondine tetap tak mampu menahan buncah perasaannya kala bertemu dengan Palemon, seorang pria yang memiliki ketampanan luar biasa. Akhirnya, perguliran waktu pun membuat mereka sering berinteraksi dan mulai jatuh cinta. Palemon memutuskan untuk membatalkan pertunangannya dengan seorang bangsawan muda bernama Berta. Palemon memilih untuk memulai kehidupan baru bersama Ondine dan menikahinya.

Saat mereka saling mengucap janji pernikahan, Palemon pun mengucapkan sumpah atas kecintaannya kepada Ondine. “Aku bersumpah untuk terus cinta dan setia padamu dalam setiap helaan napasku,” ucapnya.

Waktu terus berlalu, dan Ondine pun melahirkan putra pertama mereka. Sejak saat itu, kecantikannya mulai memudar, tubuhnya pun kian renta dimakan usia. Keabadiannya telah hilang, rela ditukarkannya karena mencintai Palemon dengan teramat sangat.


Tapi tidak dengan Palemon.
Semakin kecantikan Ondine memudar, maka semakin memudar pula rasa cintanya kepada istrinya itu. Palemon akhirnya berkhianat. Dia kembali menjalin cinta terlarang dengan mantan kekasihnya, Berta.

Suatu ketika, Ondine tanpa sengaja menemukan pakaian suaminya tergeletak di lantai. Tak jauh dari tempat itu, ia menemukan pemandangan yang membuatnya sesak teramat dalam. Di atas tumpukan jerami, ditemukannya Palemon sedang tertidur, bersama Berta dalam dekap lengannya.

Ondine begitu marah dan menyesal. Bagaimana mungkin, setelah mengorbankan keabadiannya untuk Palemon, suaminya itu malah mengkhianati dirinya. Ia pun kemudian menendang suaminya yang sedang tertidur. Seketika, suaminya terbangun. Lalu, dengan sisa-sisa kekuatan magis yang masih dimilikinya, Ondine mengucapkan kutukannya,
“Kau telah berjanji untuk cinta dan setia padaku dalam setiap helaan napasmu. Dan aku telah menerima janji itu sepenuh hatiku. Maka, kali ini, terimalah kutukanku. Selama kau masih terjaga, maka kau akan tetap bernapas. Tetapi, jika sekali saja kau jatuh dalam tidurmu, maka napas akan meninggalkanmu.”

***

Dalam dunia medis, dikenal sebuah sindroma dengan gejala “lupa” bernapas apabila penderitanya tertidur. Sindroma ini dinamai congenital central hypoventilation syndrome (CCHS) atau dikenal pula dengan sebutan primary alveolar hypoventilation. Secara umum, penyakit ini lebih dikenal dengan nama Ondine’s curse, karena mirip dengan kutukan yang diberikan Ondine kepada suaminya.

Di seluruh dunia yang berpenduduk sekitar 7 milyar orang, hanya ada sekitar 200 orang yang menderita penyakit ini. Itu artinya, mereka adalah manusia-manusia terpilih, menjadi satu diantara 3 juta orang. 

CCHS merupakan penyakit congenital, yaitu sebuah penyakit bawaan sejak lahir, ataupun bisa terjadi akibat trauma tulang belakang yang parah. Orang-orang yang hidup dengan kondisi CCHS tidak boleh tertidur tanpa pengawasan. Solusi terbaik yang ada saat ini adalah dengan tracheostomy (membuat sebuah lubang di daerah trakea) untuk kemudian dihubungkan dengan alat bantu napas bagi penderita CCHS saat mereka hendak tidur.

Persiapan penderita CCHS saat hendak tidur.

Lalu, bagaimana dengan kita?

Saat Allah ciptakan kita dengan fisik yang lebih beruntung dibandingkan dengan mereka, apakah kita sudah bersyukur dan menjaga ciptaan-Nya dengan baik?

Nggg... itu, yang masih pada merokok… Udah dikasi sistem pernapasan yang sempurna, kok masih dirusakin gitu sih? Gak kasian sama diri sendiri apa? :’(

***

Oh iya, mau berbagi sedikit kabar gembira. Alhamdulillah video kami tentang bahaya rokok yang berjudul Choose Your Own Freedom itu menang :) Dijadiin iklan layanan masyarakat dan diputar di Taman Film Bandung sejak 31 Mei 2015 kemarin. Makasih ya buat teman-teman yang udah bantu like video-nya. Semoga kebaikan kalian semua dibalas berlipat ganda sama Allah.

Suasana malam hari di Taman Film Bandung, saat video tentang bahaya rokok ditayangkan.

Sebenarnya, harapan kami tidak terlalu muluk. Kami tidak berharap supaya yang ngerokok jadi berhenti ngerokok, kok. Harapan kami cuma sedikit. Supaya adik-adik kita, generasi muda yang belum terkontaminasi sama rokok itu gak ikut-ikutan merokok. Udah, itu aja. Kalau kalian yang udah kecanduan sama rokok, sih, terserah kalian aja gimana baiknya. Toh, udah pada gede, kan? Udah pada ngerti kan mana yang baik sama yang buruk?

***


Legenda tentang Ondine's Curse versi bahasa Inggris bisa diakses disini: 

29 komentar:

  1. terimakasih,, infonya bermanfaat gan

    BalasHapus
  2. ini saya lagi proses berenti ko, ra. :3
    jadi, itu penyakit odine's curse, kalau kita tidur tanpa alat bantu pernapasan, bakal meninggal ra ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangattt yang lagi proses berhenti \(^_^)/

      Iya, kalau ketidurannya agak lama, bisa meninggal, bang :(

      Hapus
    2. duh, disemangatin :$

      itu penyakit ngeri amat,lebih ngeri dari liat mantan sama gebetan barunya. eh~

      Hapus
    3. Ngebandingin penyakit sama mantan -___-

      Hapus
    4. tapi proses berenti ternyata susah, ra. -__-
      eh, iya yah -__-

      Hapus
    5. Ya pasti susah lah bang, namanya juga udah kecanduan -_- Semangaattttt!!!!

      Hapus
  3. Penyakitnya kayak penyakit Gaara di anime Naruto. Kalo ketiduran, entar Ichibi-nya keluar, yang mati gak cuma diri sendiri, orang sekitanya juga. O_o

    wiiihhhh... alhamdulillah videonya menang~ \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga kayak penyakitnya Cavendish, kalo tidur bisa berubah menjadi Hakuba dan ngebunuh semua yang dilihatnya . . -_-

      Hapus
    2. Jadi si Gaara pernah tidur apa enggak sih bang? Aku gak terlalu gimana banget sama anime Naruto, jarang nonton :/

      Alhamdulillah \(^_^)/

      Hapus
    3. Cavendish itu apa? Hakuba itu apa? Aku gak tau, Ka :/

      Hapus
    4. itu film One Piece. Jadi, Cavendish itu salah satu tokoh anime yang kalo tidur jadi Hakuba. Hakuba itu seperti setan yang merasuki orang yang lagi tidur, dan setan itu ngamuk membunuh orang-orang~

      Hapus
    5. Ini knpa ? Malah pada ngomongin anime onepeace sama Naruto.

      Hapus
    6. Berarti Cavendish gak boleh tidur. I see :))

      Hapus
  4. Ohh, jadi ceritanya ada juga pada zaman dulu .. hmm .. ngeri juga yaa :(
    Jangan sampai generasi penerusnya ikut-ikutan merokok dan sebaiknya juga harus di cegah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Om Cara Mencegah Penuaan Dini. Begitu :)

      Hapus
    2. Keren ya mbak, namanya panjang. KTP nya pasti ukuran XL deh

      Hapus
  5. Ya Allah . . Bersyukur banget deh nggak termasuk orang yang 200 itu . . kebayang deh, kalo tidur, itu bisa menjadi waktu tidur untuk yang pertama dan terakhir seumur hidup . . -_-

    Btw selamat dar, untuk kemenangannya . . semoga bisa lanjut ke karya video lainnya ya . .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu tidur untuk yang pertama dan terakhir seumur hidup... Merinding aku baca kalimatmu itu, Ka.

      Makasih Azka!!! \(^_^)/

      Hapus
  6. Wkakaka. Ceritanya kocak juga. Gara-gara diselingkuhin terus disumpahin.

    YA ALLAH, gue melihat bayi itu kasihan banget. :(

    Alhamdulillah gue nggak merokok, emang parah itu yang ngerokok! Kalo ada temen yang nggak ngerokok aturan jangan ngerokok deket-deket, yak. Ini malah pada songong niup asep ke muka. Huft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, Yog, jangan selingkuh :p

      Yap. Jangan ngerokok deket-deket \m/

      Hapus
  7. Ya ampun, serius deh, aku baru tau ada penyakit CCHS itu. Sereem yak.
    Gak boleh sampe lupa bernapas gitu waktu tidur.

    Waah selamat yak buat video nya :) sukses terus

    BalasHapus
  8. Gue termasuk orang yg terkontaminasi asap rokok. Ya Allah gue masih blm bsa berhenti merokok. Smg selalu diberi kesehatan. Amin buat diri sendiri.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :))

      Aamiin, semoga bisa berhenti merokok :)

      Hapus
  9. Suka banget sama (tulisan) kakak. :')

    BalasHapus